Asma'ul Husna : al-Karim, al-Mu'min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami', al-Adl, dan al-Akhir

http://tuntunanislam.com/wp-content/uploads/2015/10/asmaulhusna-qurancoachingDotCom-380x200.jpg
Sumber : tuntunanslam.com

Asslamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Bismillah. Sudah lama, ya, tidak posting. Kali ini saya aakan post tentang Asma'ul Husna. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Apa itu Asma'ul Husna?

Asma'ul Husna adalah nama-nama yang baik lagi indah yang hanya dimiliki oleh Allah swt. sebagai bukti keagungannya.

Istilah Asma'ul husna ini tedapat di dalam al-Qur'an Surah al-A'raf ayat 180 yang berbunyi :

وَلِلَّهِ ٱلۡأَسۡمَآءُ ٱلۡحُسۡنَىٰ فَٱدۡعُوهُ بِہَا‌ۖ وَذَرُواْ ٱلَّذِينَ يُلۡحِدُونَ فِىٓ أَسۡمَـٰٓٮِٕهِۦ‌ۚ سَيُجۡزَوۡنَ مَا كَانُواْ يَعۡمَلُونَ (١٨٠
Artinya :  "Dan Allah swt. memiliki asma'ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan (menyebut) nama-nama-Nya yang baik itu dan tinggalkanlah orang-orang yang meniyimpang dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan."

Dan Rasululah saw. bersabda yang artinya :
"Sesungguhnya Allah swt. mempunyai sembilan  puluh sembilan nama, seratus kurang satu, barang siapa yang menghafalkannya, maka ia akan masuk surga". (H.R.Bukhari)

 Berdasarkan ayat dan hadits di atas, Allah mempunyai Asma'ul Husna sebanyak 99 nama. Dalam post ini, akan dibahas 7 diantaranya beserta arti, makna dan peneladanannya, yaitu asmaul husna al-Karim, al-Mu'min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami, al-Adl, dan al-Akhir.

1. Al-Karim

 Al-Karim artinya Yang Maha Mulia. Al-Karim dimaknai bahwa Allah swt. Yang Mahamulia lagi Maha Pemurah yang memberi anugerah atau rezeki kepada semua makhluk-Nya. Dapat pula dimaknai sebagai Zat yang sangat banyak memiliki kebaikan, Maha Pemurah, Pemberi Nikmat dan Keutamaan, baik ketika diminta ataupun tidak.
Peneladanan sifat Al-Karim adalah menjadi orang yang memiliki sifat dermawan.

2. Al-Mu'min

Al-Mu'min artinya adalah Yang Maha Pemberi Rasa Aman. Allah swt. memberi rasa aman kepada semua makhluknya, terutama kepada manusia. Dengan begitu hati manusia menjadi tenang. Meneladani sifat Allah swt, Al-Mu'min, artnya seorang mukmin harus menjadikan orang yang ada di sekelilingnya aman dari gangguan lidah dan tangannya.

3. Al-Wakil 

Al-Wakil artinya Yang Maha Mewakili atau Yang Maha Pemelihara. Al-Wakil dimaknai Allah swt. yang memelihara dan mengurusi segala kebutuhan makhluk-Nya, baik itu urusan dunia maupun urusan akhirat. Dia menyelesaikan segala sesuatu yang diserahkan hambanya tanpa membiarkan apa pun terbengkalai.  
Meneladani sifat Allah swt. Al-Wakil adalah dengan bertawakkal kepada Allah swt., yaitu menyerahkan/yakin bahwa Allah swt. sebagai pemberi hasil dari apa yang telah kita kerjakan.

4. Al-Matin

Al-Matin artinya Maha Kukuh. Allah swt. Maha Kukuh dalam kekuatan-kekuatan-Nya. Maha Kukuh dalam prinsip sifat-sifat-Nya. Tak ada yang dapat menghalangi Allah swt. dari memberikan rahmat atau adzab kepada yang dikehendaki-Nya.
Peneladanan dari sifat Al-Matin adalah menjadi seorang mukmin yang kuat dan penuh pendirian, kuat dan sabar dalam menghadapi segala cobaan yang diberikan.

5. Al-Jami'

Al-Jami', artinya Yang Maha Mengumpulkan/Menghimpun, yaitu Allah swt. Maha Mengumpulkan apa yang dikehendaki-Nya dan di mana pun Allah swt. berkehendak. Contohnya adalah mengumpulkan seluruh makhluk yang beraneka ragam di muka bumi ini di padang mahsyar pada hari kiamat.
Peneladanan sifat Allah swt. Al-Jami' adalah dengan senantiasa berkumpul/bergaul dengan orang-orang shaleh, karena secara tidak langsung akan menjadikan kita orang yang dekat kepada Allah swt.

6. Al-Adl

Al-Adl artinya Maha Adil. Keadilan Allah swt. bersifat mutlak, tidak dipengaruhi oleh apapun dan oleh siapapun. Keadilan Allah swt. didasari oleh ilmu-Nya yang Maha Luas . Sehingga dikatakan bahwa semua yang diciptakan dan ditentukan oleh Allah swt. sudah menunjukkan keadilan yang sempurna.
Peneladanan terhadap sifat Allah swt. al-Adl adalah dengan berlaku adil sesama manusia.

7. Al-Akhir

Al-Akhir artinya Yang Maha Akhir. Tidak ada sesuatupun setelah Allah swt. Setelah semua makhluk hancur, Allah swt. yang Maha Kekal tetap ada. Adapun kekekalan makhluk lain adalah sementara. 
Peneladanan sifat Allah swt. Al-Akhir adalah dengan menjadikan Allah swt. sebagai satu-satunya tujuan hidup dan menjadikan akhir kesudahannya hanya kepada-Nya.

Alhamdulillah. Sekian postingan saya kali ini. Jika ada hal-hal yang salah, silahkan dikoreksi di kolom komentar, karena saya tahu bahwa kesempurnaan hanyalah milik Allah swt. 

Sampai jumpa di postingan berikutnya. Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

How to Install VOSViewer

How to Install Mendeley : Mendeley Desktop, Web Plugin, and MS Word Plugin